09 July 2012

Say NO to bullying the dog

Kemaren gue pergi ke gunung Salak. Di sana gue ngeliat ada anjing warnanya hitam. Gue gatau jenisnya apa. Yang gue perhatikan bukan bagus atau lucu anjing ini. Gue ngeliat sebuah perbedaan yang signifikan antara anjing ini dengan anjing gue di rumah.

Di mukanya dia keliatan ada ketakutan yang sangat menakutkan. Dia bukan anjing yang pede kaya anjing gue. Anjing gue tuh emang loser banget, tapi punya kepercayaan diri yang tinggi. Anjing peliharaan gue ini berani kandang. Dia gong-gong cuman di dalem pagar rumah, pas keluar sama kucing aja didiemin. Tapi tetep aja anjing gue itu banyak tingkah alias pencilakan (gue ga bisa menjelaskan arti kata satu ini, maaf ya).

Dan gue melihat anjing hitam tuh takutnya beda sama takut anjing gue kalo lagi dimarain gara-gara kencing sembarangan. Lebih suram. Lebih muram. Gue bertanya-tanya kenapa bisa begitu. Bokap gue sih bilang itu karena banyak yang nge-bully dia. Gue sedih deh dengernya. Kenapa sih orang suka banget nyiksa binatang? Apa enak ngeliat binatang kaing kaing (suara anjing kesakitan)?

Pengen rasanya gue bawa pulang biar dia bisa dapet kebebasan. Dia memang ga dikerangkeng. Tapi dia ga bebas karena banyak yang gangguin dia. Gue ngeliat orang jalan ngelewatin dia (cuman lewat doang), terus buntutnya turun kaya udah mau putus. Kepalanya tertunduk ke bawah gitu kaya lagi ngelakuin kesalahan. Anjing ini langsung jaga jarak sama orang yang lewat itu. Mungkin karena takut. Gue ga sanggup bayangin udah berapa banyak orang yang ngelemparin batu, ngejar-ngejar ga jelas, nginjek buntutnya, nendang. pas tidur Ga bisa deh gue bayangin.

Apa daya, memang gue juga ga mungkin bawa di pulang. Satu hal yang gue tekankan jangan sakiti binatang. Mereka kan juga hidup. Mereka yang nemenin kita hidup di dunia. Jadi kita harus memelihara mereka dengan  sepantasnya. Karena, Tuhan sudah sediakan mereka ditengah-tengah kita bukan buat disiksa, tapi buat menemani kita di dunia ini.

No comments:

Post a Comment