04 March 2012

Apa Akhir Kenikmatan Duniawi Ada Kebahagiaan?

Fill in this blank below
I'll be happy when ___________a
Are you happy? What is it will make you happy? When you finally be happy?

Salomo di dalam Kitab Pengkotbah pasal 2 mengajarkan pada kita 'Apa kenikmatan dapat membuat kebahagiaan yang kekal?'


Lalu, apa yang Salomo lakukan untuk mencari kebahagiaan?

  1. Komedian. Salomo sanggup memanggil Charlie Chaplin, Eddie Murphy, Adam Sandler, Jim Carrey, Rowan Atkinson, Sule dkk, Fitri Tropika, Tukul, Indra bekti - Indy Barens, Vincent - Desta, sampai Raditya Dika (jika semua orang yang saya sebut tadi hidup di zamannya) untuk berkomedi di depannya. Namun, ia mencari kebahagiaan lain.
  2. Mandi Anggur. Salomo tentu mempunyai kebun anggur sendiri dengan kualitas super duber baik. Ia bergelimang dengan anggur kualitas terbaik, tetapi tetap tidak bahagia.
  3. Pesta dengan segala pakaian mewah yang berbeda tiap harinya. Bahkan, tiap jam. Salomo belum menemukan kebahagiaan.
  4. Salomo membangun rumah selama 13 tahun. Padahal, bait Allah yang ia buat dibangun hanya 7 tahun.
    Jika kita bayangkan sekarang, mungkin di rumahnya ada lapangan golf, lapangan basket indoor outdoor, lapangan tennis, lapangan sepakbola, tempat pacuan kuda, kolam renang indoor outdoor, rumah teater, 'dufan', kamar 1000 dengan perabotan emas dan perak. Belum lagi dapur super luas, ruang tamu, ruang makan, kamar mandi, tempat spa, permandian air panas. WOOW kan? Ia masih tidak bahagia.
  5. Kebun dan Taman. Mungkin di rumahnya ada hutan 10 hektar luasnya dengan tanaman dan bunga-bunga eksotis dari seluruh dunia. 
  6. Pembantu. Salomo tidak perlu memasang sepatu sendiri atau pakaiannya yang mewah. 
  7. Binatang ternak dan binatang peliharaan. Mungkin ia memiliki kebun binatang yang luar biasa besar dan ramai oleh binatang peliharaannya. Kebun yang kapanpun ia mau, dapat ia kunjungi.
  8. Perak dan Emas. Kapalnya selalu membawa perak dan emas sampai ia bingung mau disimpan di gudang mana lagi emas dan perak itu. 
  9. Musik. Mungkin jika Salamo ada di zaman sekarang. Saat pagi hari ia menyuruh JB datang untuk menyayikan lagunya sebagai lagu bangun tidur. Setelah bosan, ia menyuruh Adele menyanyikan lagu untuk makan pagi. LMFAO saat sedang olahraga. Glee untuk menemaninya makan siang. Dan ditutup dengan lagu King of Convenience. Mengapa tidak? Salomo adalah raja yang kaya raya bukan main.
  10. Seks. Ia punya 700 istri dan 300 gundik. Kira-kira perlu 3 tahun untuk bertemu istri atau gundik yang sama (itu juga kalau Salomo setiap hari berhubungan seks).
Namun, kembali ke pertanyaan awal: Apa ia bahagia? Tidak! Padahal di dalam kitab Pengkobah 2:10 tertulis: "Aku tidak merintangi mataku dari apapun yang dikehendakinya, dan aku tidak menahan dari sukacita apapun, sebab hatiku bersukacita karena jerih payahku. Itulah buah segala jarih payahku." Ia tidak menahan nafsu matanya untuk memiliki sesuatu, tetapi tetap sama seperti yang lalu-lalu, ia tidak mendapatkan kebahagiaan.
Mengapa begitu??
Karena tidak ada kenikmatan sejati di luar Tuhan.
Mazmur 16:11 
Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; 
       di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah,
       di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa

Kita kira akan merasa bahagia saat punya rumah besaaaaaaar seeeeekaaaaaliiiii karena kita belum merasakan atau belum pernah memilkinya.
Kita kira saat punya sesuatu yang banyak jadi bahagia.
Salomo sudah mencoba kedua hal di atas. Akhirnya, ia tidak bahagia karena kedua hal di atas.

Perlukah kita mengulangi kesalahan Salomo untuk kesekian kalinya dalam hidup kita ini?

Kebaktian Remaja GRII Kemayoran oleh Maya Sianturi

No comments:

Post a Comment