22 September 2011

Pede boleh kok

Kemaren gue chapel di sekolah, dan mendapat sesuatu! Jujur ini pertama kali (seinget gue) ga ngantuk sedikitpun pas chapel. Gokil deh. Oke langsung ke topik.

Guru gue menjelaskan pandangan Allah ada beberapa macam:
  • Pantheis: Allah tuh cuman satu dengan wujud yang berbeda-beda. Misalnya meja, kursi. Semua itu allah yang berubah wujud. Dan nanti ada saatnya dimana semua kembali menjadi allah, termasuk manusia. DAMPAK: manusia menjadi allah bagi dirinya sendiri, percaya bahwa karena dirinya ia ada di sini sekarang. Dia berpikir dia bisa, maka dia bisa melakukan sesuatu.
  • Politheis: allah itu banyak. Misalnya allah gunung, allah pantai, allah matahari. DAMPAK: manusia worthless. Maksudnya? Dengan mudah manusia mengorbankan sesamanya demi kepercayaan mereka (supaya matahari terbit esok hari). Manusia harganya kaya permen (murahan gitu). Buat apa manusia idup kalo dipersembahin buat benda mati?
  • Atheis: ga percaya allah itu ada. Atau allah dijadikan alasan ketidakmengertian manusia jaman lampau. Contohnya macem gini.. Gunung berapi orang dulu kan gatau apa sebabnya jadi mereka bilang itu tuhan yang bekerja.
Tuhan ga pernah membiarkan anak-anakNya terlantar dan mempersembahkan sesamanya untuk memuliakan Dia. Tuhan ga gila hormat kaya manusia. Yang pasti jika menyembah Dia, kita akan menjadi manusia yang hidup berharga.

(Gue agak lupa kenapa bisa nyambung-nyambung ke sini, tapi ini menurut gue paling dalem)
Terima diri apa adanya. Tuhan kasi kita kelemahan bukan buat dikasianin dengan kemurungan, tapi dengan sukacita kita bersyukur Tuhan udah kasi yang terbaik buat kita. Tuhan yang paling tau yang baik buat kita masing-masing, ga mungkin ga.

Kebanyakan orang terlalu sibuk dengan potensi orang lain, dan itu menghambat dia menggali potensi. Okelah.. sapa yang ga pernah iri? Ato ati tuh ciut karena orang laen lebih expert dari kita? gue yakin gada. Gada yang sempurna. Maksud gue 'sibuk dengan potensi orang lain' itu, orang laen jago piano kita ngikut les piano, temen jago nyanyi les nyanyi (mental follower). Kita malah ga ngeliat kelebihan kita yang gada di orang lain. Cuman bisa bersungut-sungut doang minta sama Tuhan buat bisa melebihi orang lain (bahkan kalo bisa Tuhan juga dikalahin kali tuh) Ironisnya kadang, karena kita punya kelebihan yang beda jadi minder. Minder tuh juga ada bahaya nya loh. Karena terlalu rendah diri (anyway teman-teman, beda ya rendah diri sama rendah hati), pas kita punya satu aja kelebihan bisa-bisa jadi sombong ekstrim.

PENTING: Kita tau potensi diri, tepat saat kita berhenti memiliki keinginan untuk menjadi Allah. Jadi yang lebih tinggi dari orang lain.
Susah emang nerima ada orang yang lebih jago. Tapi coba buat itu jadi tantangan (BUKAN kompetisi) diri lu untuk jadi yang lebih baik (gue dapet kata-kata ini dari temen gue :D).

Jadi coba pede sama apa yang lu punya dan gali kelebihan lu!!!
Semangat! :D

*oiya ini ada yang gue tambah-tambahin sendiri, jadi ga asli persis dari omongan guru gue

No comments:

Post a Comment