13 June 2011

Banggakah Anda Jadi Orang Indonesia?

Kalau ditanya apa saja masalah di Indonesia? Sangat-sangat banyak masalahnya baik dari pemerintah maupun dari rakyat Indonesia sendiri. Mulai dari masalah bank century yang tak berujung, pemboikotan ahmadiyah oleh masyarakat sekitar, dan masih banyak lagi (saya memang tidak terlalu mendalami masalah Indonesia yang serumit benang kusut sangat). Yang tidak mungkin saya jabarkan semuanya di halaman-halaman singkat ini. Dan kalaupun saya ingin menuliskan masalah itu, maka takkan ada habisnya. Semua negara pasti juga mengalami hal yang sama, saya yakin. Kita terlalu berpusat pada kelemahan-kelemahan Indonesia. Hanya saja, kita tidak menyadari itu karena mata ditutupi oleh teknologi dan kehidupan negri tetangga lebih modern dan maju dari kita.

Pada kesempatan ini, saya akan mengutip tulisan dari acara Kick Andy. Jadi, langsung saja anda baca tanpa buang-buang waktu. Silakan!

http://kickandy.com/theshow/1/1/2094/read/KE-TANAH-AIR-KAMI-KEMBALI
Di dalam acara Kick Andy 20 Mei ini, ia membahas tentang orang-orang sukses dan dikenal di luar negri yang mau pulang ke Indonesia. Tidak sampai di situ, mereka mau berkorban memulai usahanya di tanah air mereka dari nol. Tanpa bantuan dari pemerintah, mereka terus berkarya dengan susah payah. Walaupun di luar negri, mereka mendapat penghasilan dan fasilitas yang layak. Dan yang paling penting adalah mereka mendapatkan perhatian khusus di sana. Tapi tekad mereka bulat, untuk kembali ke Indonesia.
Apa yang anda lakukan jika berada diposisi mereka? Anda akan kembali pada kesuksesaan anda di negri tetangga atau memajukan negri tempat anda dilahirkan dari awal?

http://kickandy.com/theshow/1/1/2078/read/MENITI-JEMBATAN-MASA-DEPAN
Dan yang kali ini, Andy membahas kisah-kisah anak berprestasi dari keluarga yang bisa dibilang kurang mampu. Tapi mereka tidak mengeluh dan terus berjuang menggapai mimpi-mimpi mereka. Membawa nama baik bangsa ke dunia internasional. Mereka masih begitu muda, sama seperti saya dan anda, perjalanan kita masih panjang nan jauh di sana. Saya yakin mereka masih memiliki cerita yang penuh misteri mengisi halaman-halaman buku kehidupan mereka. Bagaimana dengan anda? Apa yang telah anda lakukan untuk bangsamu di dalam buku kehidupanmu?


Sangat memilukan hati melihat fakta bahwa banyak anak bangsa tidak menghargai negrinya Indonesia. Malu dengan identitasnya sebagai orang Indonesia. Bahkan orang asing lebih tahu arti menghargai bangsa ini. Bagaimana ya perasaan pahlawan Indonesia jika tahu generasi penerus bangsa ini malu dengan kerja keras mereka sampai mereka gugur di medan perang. Mudah saja bagi mereka, pahlawan bangsa, untuk melepaskan kemerdekaan yang begitu sulit didapatkan. Tapi kemauan mereka mendorong mereka untuk terus mempertahankan Indonesia dari tangan penjajah. Inikah balasanmu untuk mereka? Menginjak-injak harga diri bangsa dengan perkataanmu dan kelakuanmu. Perlukah mereka menyerah pada penjajah saat itu dan membiarkan bangsa ini menjadi budak selamanya? Supaya engkau sadar dengan apa yang telah engkau lakukan selama ini.


Belum terlambat untuk menyadarinya. Sekarang adalah waktu yang tepat untukmu dan yang lain memperbaikinya. Buatlah para pahlawan bangga di 'dunia'nya.

No comments:

Post a Comment