19 August 2011

Abang Ketoprak Kesepian Gak Ya?

Sore tadi gue disuru beli ketopraks ama mama gue. Trus terpikir di otak gue sesuatu... Gue mikirin abang ketoprak yang lagi bikin pesanan gue. Bukan karena dia ganteng ato keren (please deh). Tapi gue pikir soal abang yang kerja sebatang kara. Apa ga sepi gitu ya seorang diri keliling jakarta (ga nyampelah, pinggir-pinggir Jakarta maksudnya). Kalo cape ya cape sendiri. Makan juga sendiri. Dan kalo ada kesulitan harus bisa nanganinnya sendirian doang. Misalnya ban gerobaknya rusak, mana bisa dia telpon bengkel buat benerin tuh ban.

Dan seharian kerja, paling kalo beruntung bisa ngobrol sama pelanggan yang ramah dan welcome sama dia. Itu juga ga tiap hari kan. Yang ga enak tuh, pas kena semprotan hujan buatan dari pelanggan, ga dibayar pula. Memang buruk bener tuh nasib si abang kalo gitu

Mungkin aja anaknya di rumah lagi sakit, tapi ga punya uang buat beli obat. Padahal dagangannya belum cukup buat uang berobat. Kebayang ga beban yang dihadapin ama si abang ketoprak kita ini? Dengan otak yang semerawut kaya benang jahit kusut. Gada yang hibur juga. Dunia pasti uda kaya mo runtuh di matanya. Mo nangis juga ga bisa. Ga bisa ngapa-ngapain. Hal yang paling meyiksa, ada orang yang kita sayang menderita tapi kita ga bisa apa-apa.
Mungkin itu yang di alami abang ketoprak yang gue temuin ini.
Bisa aja.

Dari cuplikan singkat ini, gue mencoba melihat hidup dengan jangkauan yang lebih luas. Supaya melihat dunia lebih penuh lagi. Jadi bisa mensyukuri sama apa yang uda Tuhan kasi buat gue!
Jangan iri sama kekayaan orang lain
Iri sama orang ganteng ato cakep yang banyak fansnya
Karena semua manusia Tuhan ciptain punya porsi yang berbeda (ngutip dari guru gue)

Satu hal:
Jadi seorang abang jual ketoprak itu ga gampang, harus menahan rasa jenuh dan bosan yang tenggelam dalam keheningan. Cukup sulit buat gue kalo harus kerja sendirian, ga tahan. Salut ama abang dagang di seluruh Indonesia. 

9 comments:

  1. Hihihi.... abang ketoprak kan juga punya temen... ga sendirian juga lah ya...

    ReplyDelete
  2. tapi kan kalo dagang sendirian
    ga enak tau haha

    ReplyDelete
  3. haha thx ya
    langit yang terisolasi lu juga bagus
    barusan baca nih :D

    ReplyDelete
  4. owh thank you...
    itu juga terinspirasi kok. Hehehe:)

    ReplyDelete
  5. lho inspirasi kan bisa bikin tulisan bagus memang
    hehe
    gw juga terinspirasi ama abang ketoprak deket rumah :P
    masi ga pengen skolah??? haha

    ReplyDelete
  6. Uhm iya (?) abisnya, guru2nya sinting
    Trus ngga ada ekskul sastra atau jurnalistik atau apalah itu...
    Hihi...:)

    ReplyDelete
  7. haha
    wah 'guru les' ga termasuk juga guru sinting kan? :P

    ReplyDelete
  8. hahahaha guru les ngga sesinting itu sih. Hehehehe :)

    ReplyDelete